Peran Guru PAUD Kristen Dalam Pembentukan Karakter

Authors

  • Marisa Aulia Gea Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Difly Praise Malelak Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

Keywords:

agama, karakter, peran guru

Abstract

Pentingnya pembentukan karakter yang baik sejak usia dini menjadi perhatian utama. Mengingat periode ini sangat berpengaruh dalam membentuk landasan moral dan perilaku individu. Karakter anak-anak rentan terhadap lingkungan sekitar, sehingga peran orang tua dan guru sangat krusial dalam menanamkan nilai-nilai yang benar. Penelitian ini difokuskan pada peran guru PAUD dalam pembentukan karakter berdasarkan nilai-nilai agama. Penelitian ini termasuk penelitian studi pustaka dengan menekankan pemahaman mendalam terhadap fenomena ini melalui deskripsi yang terperinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAUD memiliki peran sebagai panutan utama dalam membentuk karakter anak usia dini. Profesi guru bukanlah hal yang mudah karena mengandung tanggung jawab besar sebagai pelayanan dan pembentukan karakter anak-anak. Penekanan pada nilai-nilai agama dalam pendidikan anak usia dini merupakan pondasi yang sangat penting di dalam pembentukan karakter, dengan guru pendidikan anak usia dini memiliki peran sentral dalam proses ini sebagai pilar moral dan pembimbingan utama bagi anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116

Banu, S., & Manik, N. D. Y. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Keluarga Yang Tidak Memiliki Ayah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.55076/didache.v3i1.49

Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Literasi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.3

Damayanti, D., & Asbari, M. (2023). Guru Penggerak: Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.895

Djihadah, N. (2020). Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-01

Hasanah, U. (2021). Pengembangan karakter anak berbasis pendidikan Islam non formal pada daerah rawan kriminal di Lampung Timur. PROSIDING SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS UTP SURAKARTA,. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.7

Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2022). Penanaman nilai kejujuran melalui pendidikan karakter pada anak usia dini dengan teknik modeling. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital, 1(1), 109–114.

Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Jejak Pustaka.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Murjainah. (2023). Analisis Learning Loss pada Mata Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal on Education, 6(1).

Nasihatun, S. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Strategi Implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(2). https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.100

National Association for the Education of Young Children (NAEYC). (2023). Early Children. Https://Www.Naeyc.Org/.

Nuraeni, E. (2023). Pelatihan Tentang Perkembangan Anak Bagi Guru PAUD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(1). https://doi.org/10.61116/jpkm.v1i1.57

Risambessy, J., & Jaedun, A. (2018a). Kebebasan dalam keberagaman. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 5(2), 80–84. https://doi.org/10.15408/sd.v5i2.9909

Risambessy, J., & Jaedun, A. (2018b). The role of three education center for children motivation in learning. In Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10040

Setiawan, I., Aryani, R., Kristiani, Tri Wiyanti, N., & Sumiatu, C. (2022). Bunga Rampai Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. CV Jejak Publisher.

Simorangkir, P. Y., & Malelak, D. P. (2023). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. COncept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 107–115. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/ny5aj

Sudarsana, I. K. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini (Shaping Children’s Character as the Next Generation of the Nation Through Early Childhood Education). Purwadita, 1(1), 41– 48. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/65.

Sudrajat. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama,. Jipsindo, 8(1), 150–164. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Yuhenita, N. N., Kurniati, A., & Indiati, I. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam identifikasi dan penanganan masalah anak usia dini. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(4), 402–407. https://doi.org/https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i4.78

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Gea, M. A., & Malelak, D. P. (2023). Peran Guru PAUD Kristen Dalam Pembentukan Karakter . Vox Veritatis, 2(2), 89–97. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/19

Issue

Section

Articles