Pengaruh Keteladanan Karakter Kristus Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Karakter Religius dan Disiplin Siswa Kelas IX di SMP Kristen Binaan Generasi Unggul Kupang
Keywords:
disiplin, guru PAK, keteladanan, karakter Kristus, religiusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara Keteladanan Karakter Kristus Guru PAK terhadap Karakter Religius dan Disiplin Siswa Kelas IX di SMP Kristen Binaan Generasi Unggul Kupang. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IX SMP Kristen Binaan Generasi Unggul Kupang, sebanyak 112 Orang. Sebelum angket digunakan, terlebih dahulu melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji persyaratan linearitas adalah linier. Pengujian koefisien korelasi dengan nilai pearson Correlation X terhadap Y1= 0,768, dikategorikan “Kuat” dengan koefisien determinasi sebesar 58,9% dan sisanya 41,1% faktor lain, sedangkan koefisien korelasi variabel X terhadap Y2=0,797, memiliki kategori “Kuat” dengan koefisien determinasi sebesar 63,5%, sisanya 36,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti , sedangkan koefisien korelasi antara Y1 terhadap Y2=0,789 dengan kategori “Kuat” dan koefisien determinasi sebesar 62,2% dengan sisanya 37,8% adalah faktor lain yang tidak diteliti. Regresi linear sederhana variabel X terhadap Y1 memiliki persamaan Y=16,368+0,790 X, artinya X berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Y1, demikian juga variabel X terhadap Y2 dengan persamaan Y=11,318+0,881X mengandung arti X berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Y2, dan Y1 terhadap Y2 memiliki persamaan Y=16,218+0,848X mengandung arti Variabel Y1 berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Y2.
Downloads
References
Aeni, Ani Nur. Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa PGSD. I. Bandung: UPI PRESS, 2014.
Aritonang, Hendra. Konsep Ciptaan Baru Menurut 2 Korintus 5:17. Ahli Media Book, 2021.
Buan, Yohana Afliani Ludo. Guru dan Pendidikan Karakter : Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab, 2021.
Hutami, Dian. Pendidikan Karakter Kebangsaan untuk Anak : Disiplin dan Kerja Keras. 1.
Jogjakarta: Comic Media Nusantara, 2020.
Indonesia, and Pusat Bahasa (Indonesia), eds. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.
Ed. 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Komalasari, Kokom, and Didin Saripudin. “Pendidikan Karakter Konsep Dan Aplikasi Living Values Education.” Bandung: Refika Aditama, 2017.
Kompas.com. “Kronologi Lengkap Anak Tendang Ibu Kandung Yang Viral Di Facebook.” Accessed March 14, 2021.
https://regional.kompas.com/read/2020/02/27/10144901/kronologi-lengkap-anak- tendang-ibu-kandung-yang-viral-di-facebook.
Kurniawan, Yusuf, and Ajat Sudrajat . “Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah).” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 14, no. 2 (December 29, 2017). https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641.
Liputan6.com. “Jejaring Grup Facebook Pelajar Penyuka Sesama Jenis Tersebar Di Luar Garut.” Accessed March 14, 2021.
https://www.liputan6.com/regional/read/3662523/jejaring-grup-facebook-pelajar- penyuka-sesama-jenis-tersebar-di-luar-garut.
Media, Kompas Cyber. “Gadis SMP Korban Prostitusi Online di Kupang, Terungkap Usai Sang Ibu Melapor hingga Tarif Rp 800.000.” KOMPAS.com, December 11, 2019. https://regional.kompas.com/read/2019/12/11/16190091/gadis-smp-korban-prostitusi- online-di-kupang-terungkap-usai-sang-ibu-melapor.
Naim, Ngainun. “Character Building : Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa/ Naim.” Accessed March 15, 2021.
https://core.ac.uk/display/304553624.
Ngundjurawa, Yulen Nikitha Kuji. “Peran Guru sebagai Penuntun dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SD melalui Keteladanan dan Motivasi.” Bachelor, Universitas Pelita Harapan, 2020. http://repository.uph.edu/12177/.
“Paradigma – Terjemahan Ke Dalam Indonesia – Kamus Dict.Com | Lingea.” Accessed March 16, 2021. https://www.dict.com/hylap-indonesia/paradigma.
Sabdono, Erastus. New Paradigm of Christian Living. Jakarta: Rehobot Literature, 2017. Silkyanti, Fella. “Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter
Siswa.” Indonesian Values and Character Education Journal 2, no. 1 (2019): 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941.
Simatupang, Hasudungan. Definisi Teologi Praktis Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2015.Sirait, Ronal G. Digital Karakter Perspektif Agama dan Pendidikan. Ahli Media Book, 2020. Sitanggang, Sariaman. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Egkrateia Putra Jaya, 2008.
Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi (STD), 2013.
Tribun Lampung. “20 Persen Pelanggan PSK Di Lampung Ternyata Siswa SMA, PKBI Ungkap Fakta Lainnya.” Accessed March 14, 2021.
https://lampung.tribunnews.com/2018/10/25/20-persen-pelanggan-psk-di-lampung- ternyata-siswa-sma-pkbi-ungkap-fakta-lainnya.
Tribunnews.com. “Seorang Remaja Ditemukan Tewas Tergantung Di Rumah Kosong.” Accessed March 14, 2021. https://www.tribunnews.com/regional/2019/10/14/seorang- remaja-ditemukan-tewas-tergantung-di-rumah-kosong.
SIMKeu KEMENDIKBUD. “UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Accessed March 17, 2021. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu- undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.
Waluya, Bagja. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. PT Grafindo Media Pratama, 2007.
Wijoyo, Hadion. Dosen Inovatif Era New Normal. Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vox Veritatis
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Christian Education and Theology Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.