Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Authors

  • Johanis Risambessy Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Keywords:

analisis butir soal, penilaian tengah semester, pilihan ganda

Abstract

Studi ini bermaksud menganalisis kualitas butir soal pilihan ganda mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tual dilihat dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pengecoh. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif guna menarasikan data hasil penelitian. Instrumen penelitian adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal, dimana peserta didik kelas VIII yang berjumlah 30 orang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil analisis butir soal menunjukkan bahwa validitas soal cukup baik, karena terdapat 20 butir soal yang valid dan 10 butir soal yang tidak valid. Reliabilitas soal termasuk kategori tinggi, karena nilai reliabilitas soal menyentuh angka 0.714. Tingkat kesukaran soal dominan pada kategori mudah, yakni 54 persen. Daya pembeda memiliki kategori sangat baik, baik, dan cukup sebanyak 24 butir soal atau 79 persen. Sementara efektivitas pengecoh kategori kurang baik lebih dominan, yakni 16 butir soal atau 43 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmadi, M. N. (2021). Analisis Butir Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 4 SD Negeri Plumbungan Menggunakan Program Anates. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 799–806.

Alpusari, M. (2014). Analisis Butir Soal, Program Komputer Anates Versi 4.0 For Windows. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau, 3(2), 106–115.

Ambarwati, Y. F., Ismiyati, & Ismiyati. (2021). Analisis butir soal pilihan ganda ulangan akhir semester genap mata pelajaran kearsipan. Measurement in Educational Research, 1(2), 64–75.

Antari, B., Susanta, A., & Siagian, T. A. (2021). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Matematika SMA Negeri 8 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 299–312.

Arbiatin, E., & Mulabbiyah. (2020). Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika. 12(2), 146–171.

Ariany, R. L., & Al-Ghifari, A. (2018). Penggunaan Software Anates Untuk Validitas Instrumen Tes. Al-Khidmat, 1(1), 73–78.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Azwar, S. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.

Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 58–74.

Fietri, W. A. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(1), 2477–6181.

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomariah, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Matematika pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 11.

Hasan, K., & Mukhlisa, N. (2021). Analisis Butir Tes Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Di UPTD SD Negeri 1 Barru. 468 Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19.”

Himawan, R., & Nurgiyantoro, B. (2022). Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN ( Analysis of exercise items for odd semester end of semester Indonesian language subjects class. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 160–180.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.

Mania, S., Fitriani, F., Majid, A. F., Ichiana, N. N., & Abrar, A. I. P. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 274.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of students (6th ed.). Pearson Education, Inc.

Prastika, Y. D. (2021). Pengaruh Validitas, Reliabilitas dan Tingkat Kesukaran Terhadap Kualitas Butir Soal Ekonomi Menggunakan Software Anates di SMKN 3 Bangkalan. STKIP PGRI Bangkalan.

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14, 1.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif instrumen penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometri). Parama Publishing.

Risambessy, J., & Jaedun, A. (2018). Kebebasan dalam keberagaman. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 5(2), 80–84. https://doi.org/10.15408/sd.v5i2.9909

Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X dan XI pada MAN Sampit. EduSains, 4(2), 1689–1699.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Risambessy, J. (2023). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti . Vox Veritatis, 2(1), 50–58. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)