Peran Pendidikan Kristen Terhadap Upaya Pencegahan Kasus Perdagangan Manusia

Authors

  • Lidya Bernadus Kilapong Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.69865/voxver.v3i1.55

Keywords:

nilai-nilai Kristiani, pendidikan Kristen, perdagangan manusia

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan agama Kristen terhadap upaya pencegahan perdagangan manusia mencakup definisi, penyebab, dan upaya pencegahan. Perdagangan manusia bertaut dengan segala bentuk transaksi jual beli terhadap manusia yang melibatkan kekerasan dan paksaan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dari pelbagai sumber untuk dianalisis terkait dengan peran pendidikan Kristen dalam upaya pencegahan perdagangan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidikan Kristen dalam mencegah perdagangan manusia dapat dicegah sedini mungkin dengan melibatkan pelbagai program pendidikan terintegrasi, mengintegrasikan nilai-nilai Kristen dalam kurikulum sekolah, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat. Rekomendasi pada penelitian ini: 1) Perlunya perhatian dan pengawasan dari orang tua terhadap anak mereka, serta menanamkan nilai-nilai Kristiani, sehingga menjadi contoh yang baik dalam keluarga. 2) Edukasi pemerintah terkait dengan cara mencegah perdagangan manusia, meningkatkan peran serta lembaga-lembaga sosial maupun keagamaan dalam pendampingan korban perdagangan manusia, membuat panduan khusus tentang cara mencegah perdagangan manusia, serta bersama instansi terkait membuat perangkat hukum terkait penanggulangan perdagangan manusia. 3) Gereja perlu melakukan tindakan konkrit dengan memberikan pendidikan Kristen dalam hal menanamkan nilai-nilai Kristiani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert, L. S. (2022). Trauma Informed Strategies for Human Trafficking Education in Urban Schools: An Attachment Theory Perspective. Education and Urban Society, 54(8), 903–922. https://doi.org/10.1177/00131245211048427

April, N. (2022). Dunamis : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. 6(2), 691–707. https://doi.org/10.30648/dun.v6i2.671

Ardilla, M., Indri, I., Wahyuni, I. L., Pare, E. T., & Tappi, P. (2023). Penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam bingkai Pendidikan agama Kristen. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 629–643.

Awulle, C. S. E. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Kristen Sebagai Pemenuhan Hak Asasi Manusia. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 25–37.

Benyamin, P. I., & Gratia, Y. P. (2020). Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan. Ecodunamika, 3(1).

Boiliu, F. M. (2018). Model pendidikan yang cocok dalam Masyarakat Majemuk di Indonesia: Pendidikan agama yang inklusif dan pendidikan agama yang multikultural.

Bulanda, A., Barus, M., & Arifianto, Y. A. (2022). Pendidikan Kristiani Membangun Nilai Spiritualitas Remaja Kristen. Sikip: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 106–128.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Raja. Grafindo Persada.

Dewi, A. E., Rahman, A., Farhan Nasution, M., Raja, M., Haji, A., & Raja, U. M. (2023). Peran Pemerintah dalam Mengatasi Human Trafficking di Kepulauan Riau. Scientia Sacra: Jurnal Sains, 3(2), 37–47. http://pijarpemikiran.com/index.php/Scientia

Dickenson, V. (2022). Paths to the Prevention and Detection of Human Trafficking. In Promoting Awareness of Human Trafficking Through Innovative Educational Technology Using the Holocaust as Historical Reference.

Feingold, D. A. (2005). Human Trafficking. Foreign Policy, 150, 26–32.

Ichwanto, R. M., Pisdon, Y. R., & Ismau, J. (2023). Filsafat Pendidikan Agama Kristen Bagi Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0. Vox Veritatis, 2(2), 115–121.

International Organization for Migration (IOM). (2024). International Organization for Migration. https://indonesia.iom.int/data-and-resources

Kartini, E., & Kosandi, M. (2020). Masalah Identifikasi dan Karakteristik Perdagangan Orang di Kalimantan Barat (Identification Problems and Characteristics of Trafficking in Persons in West Kalimantan). Jurnal HAM, 11(3), 333.

Kilapong, J. J. (2023). Strategi Mendidik Anak dalam Keluarga Kristen untuk Membangun Generasi Emas 2045. Vox Veritatis, 2(1), 30–42.

Knight, L., & Kagotho, N. (2022). On Earth and as It Is in Heaven-There Is No Sex Trafficking in Heaven: A Qualitative Study Bringing Christian Church Leaders’ Anti-Trafficking Viewpoints to Trafficking Discourse. Religions, 13(1), 65. https://doi.org/doi: 10.3390/rel13010065

Kolimon, M. (2020). Misi Perlawanan Gereja,” in Perdagangan Orang, Trauma, Dan Teologi Di Nusa Tenggara Timur, ed. Karen Campbell-Nelson. BPK. Gunung Mulia.

Kolimon, M. (2021). Menolak Diam: Gereja Melawan Perdagangan Orang. In 2018. BPK. Gunung Mulia. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Lon, Y. S. (2020). Pengembangan Sistem “Lingko” Jejaring Pencegahan Perdagangan Manusia (Perempuan) di Manggarai.

Mahalmi, S. S., & Mubarrod, R. (2018). Strategi Kebijakan Pemerintah Daerah Jawa Barat Tahun 2018-2022 dalam Penerapan Peraturan Daerah No.3 Tahun 2008 Untuk Pencegahan Human Trafficking. Jurnal Communitarian, 4(2), 660–675.

Messakh, J. J., & Messakh, J. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Karakter Misi dalam Konteks Globalisasi. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 3(2), 74–89.

Pakpahan, G. K., Salman, I., Setyobekti, A. B., Sumual, I. S., & Christi, A. M. (2021). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya mencegah radikalisme. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 7(2), 435–445.

Panda, H. P. (2021). Human Trafficking Crime Networks and Pastoral Efforts for Prevention. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6(1), 199–219. https://doi.org/10.30648/dun.v6i1.462

Pranata, K. B., & Nome, N. (2023). Pendidikan Agama Kristen Sebagai Agen Restorasi Pendidikan Dalam Mewujudkan Kehidupan Beragama Yang Harmonis Di Sekolah–Sekolah. Jurnal Filsafat Dan Teologi Katolik, 6(2), 37–63.

Risambessy, J., Sau, E., Muloko, V., & Fanggidae, Y. (2024). Respons Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 5(1), 489–507.

Simatupang, H., Simatupang, R., Th, S., Napitupulu, T. M., & PAK, S. (2020). Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Penerbit Andi.

Stănescu, N., Dan, A.-N., & Tasențe, T. (2023). Human trafficking - the boomerang of a decadent society (Social perception of human trafficking in Dobrogea/Constanța). Technium Social Sciences Journal, 44(1), 985–1001. https://doi.org/10.47577/tssj.v44i1.9036

Sunga, S. A. T. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Putus Sekolah. Vox Veritatis, 2(1), 14–20.

Talakua, M. A. (2023). Mendidik Anak tanpa Kekerasan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Immanuel: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(1), 233–247. https://doi.org/10.46305/im.v4i1.177

Thoomaszen, F. W., & Tameon, S. M. (2022). The integration of psychoeducation, anti-corruption education and christian family education for the fathers of GMIT Laharoi. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 8(2), 237–246.

Toam, E. L. P. (2022). The Role of Teaching Christian Religious Education against Domestic Violence. Journal of Social Science, 3(4), 864–868.

Trainor, G. D., & Laczko, F. (2009). Trafficking in Persons and Human Development: Towards A More Integrated Policy Response. International Migration, 48(4).

Trentham, J. D. (2023). What’s in a Name? Nomenclature, Definitions, and the Field of Christian Education(al) Ministry. Christian Education Journal, 20(3), 303–316. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/07398913241241077

Umrati, U., & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Teologi Jaffray.

Utami, P. N. (2019). Penanganan Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang Oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal HAM, 10(2), 195.

Zaluchu, S. E. (2021). Metode penelitian di dalam manuskrip jurnal ilmiah keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266.

Zhu, T., Crenshaw, C., & Scott, L. M. (2020). Curriculum in Action: Teaching Students to Combat Human Trafficking. Education and Urban Society. https://doi.org/doi: 10.1177/0013124520911909

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Bernadus Kilapong, L. (2024). Peran Pendidikan Kristen Terhadap Upaya Pencegahan Kasus Perdagangan Manusia. Vox Veritatis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.69865/voxver.v3i1.55

Issue

Section

Articles