Menjadi Influencer Positif: Teladan Bagi Kaum Muda Kristen Berdasarkan 1 Timotius 4:12

Authors

  • Hendrikson Febri Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Medan

DOI:

https://doi.org/10.69865/voxver.v3i2.74

Keywords:

1 Timotius 4:12, Influencer, kaum muda

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep dan karakteristik seorang influencer positif berdasarkan sudut pandang Alkitab, dengan penekanan pada prinsip-prinsip yang terkandung dalam 1 Timotius 4:12. Tidak semua influencer memberikan teladan yang baik dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan, dan kesucian baik dalam lingkungan serta dalam media sosial. Oleh karenanya, penulis menggunakan pendekatan kepustakaan guna mengkaji topik yang ada. Data diperoleh dari pelbagai sumber yang relevan dengan penelitian yang ada. Hasil studi menunjukkan bahwa menjadi influencer positif bagi kaum muda Kristen berdasarkan 1 Timotius 4:12 berarti meneladani perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan, dan kesucian sebagai prinsip dasar. Seorang influencer tidak hanya memengaruhi melalui kata-kata dan konten, tetapi juga melalui karakter yang kuat dan konsisten dengan ajaran Kristus. Jadi, melalui pengaruh yang penuh kasih, etika yang kokoh, dan kesetiaan kepada iman, seorang influencer Kristen dapat membantu membentuk generasi muda yang kuat dalam iman, integritas, dan moralitas, sekaligus memotivasi mereka untuk hidup dalam kebenaran dan kasih Kristus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, L. (2022). The Rise of the Micro-Influencer as a new Form of Marketing in Neoliberal Times. 2020.

Bansal, R., Saini, S., Ngah, A. H., & Durga Prasad, T. (2024). Proselytizing the potential of influencer marketing via artificial intelligence: mapping the research trends through bibliometric analysis. Cogent Business & Management, 11(1).

Belanche, D., Casaló, L. V, Flavián, M., & Ibáñez-Sánchez, S. (2021). Understanding influencer marketing: The role of congruence between influencers, products and consumers. Journal of Business Research, 132.

Bengu, R. T. (2023). Analisis 1 Timotius 4: 12 Sebagai Landasan Teologis Untuk Membentuk Karakter Guru Pak Dalam Menghadapi Era Society 5.0. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(2).

Borchers, N. S., & Enke, N. (2022). “I’ve never seen a client say:‘Tell the influencer not to label this as sponsored’”: An exploration into influencer industry ethics. Public Relations Review, 48(5).

Budi, H. I. S. (2024). Pengembangan diri sebagai perwujudan manusia seutuhnya pembelajaran melalui tokoh di Alkitab. Penerbit Widina.

Cahya, H. M. (2022). Pengaruh social media influencer terhadap minat beli konsumen di media sosial.

Casaló, L. V, Flavián, C., & Ibáñez-Sánchez, S. (2020). Influencers on Instagram: Antecedents and consequences of opinion leadership. Journal of Business Research, 117.

Dami, F. J., Lao, H. A. E., & Syahputra, A. W. (2024). Strategi Efektif Dalam Manajemen Gereja Untuk Membangun Penatalayanan Yang Berdaya Dan Berdampak Bagi Pemuda Kristen. Jurnal Magistra, 2(2).

Droz-dit-Busset, O. (2022). “So-called influencers”: Stancetaking and (de) legitimation in mediatized discourse about social media influencers. Discourse, Context & Media, 49.

Furtana, T. E., & Öğüt, N. (2024). Comparison of the Effects of Mega and Micro-Influencers on Consumer Purchasing Behaviour. Bilgi Ekonomisi ve Yönetimi Dergisi, 19(1).

Gurrieri, L., Drenten, J., & Abidin, C. (2023). Symbiosis or parasitism? A framework for advancing interdisciplinary and socio-cultural perspectives in influencer marketing. In Journal of Marketing Management (Vol. 39, Issues 11–12, pp. 911–932). Taylor & Francis.

Harrigan, P., Daly, T. M., Coussement, K., Lee, J. A., Soutar, G. N., & Evers, U. (2021). Identifying influencers on social media. International Journal of Information Management, 56.

Himelboim, I., & Golan, G. J. (2023). A social network approach to social media influencers on Instagram: The strength of being a nano-influencer in cause communities. Journal of Interactive Advertising, 23(1).

Hoai Lan, D., Minh Tung, T., Thi Kim Oanh, V., & Thi Kim Cuc, T. (2024). The role of virtual influencers in environmental messaging: a case study of Noonoouri. Environmental Sociology, 1–21.

Jatmiko, B., & Saputri, N. M. (2022). Peran Strategis Kepemimpinan Pastoral di Masa Transisi: Kajian Eksegesis Titus 2: 15. Jurnal Teologi Gracia Deo, 4(2).

Knupfer, H., Neureiter, A., & Matthes, J. (2023). From social media diet to public riot? Engagement with “greenfluencers” and young social media users’ environmental activism. Computers in Human Behavior, 139.

Lee, C., Richardson, S., Goh, E., & Presbury, R. (2023). From the tourist gaze to a shared gaze: Exploring motivations for online photo-sharing in present-day tourism experience. Tourism Management Perspectives, 46.

Leobisa, J., Baun, S., Lopis, Y. S., & Saingo, Y. A. (2023). Tantangan penggunaan media sosial di era disrupsi dan peran pendidikan etika kristen. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1).

Levy, B. L. M., Busey, C. L., Cuenca, A., Evans, R. W., Halvorsen, A.-L., Ho, L.-C., Kahne, J., Kissling, M. T., Lo, J. C., & McAvoy, P. (2023). Social studies education research for sustainable democratic societies: Addressing persistent civic challenges. Theory & Research in Social Education, 51(1).

Liana, L. (2020). An analysis of Accelerated Christian Curriculum in Biblical Christian Worldview. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(2), 14–30.

Mero, J., Vanninen, H., & Keränen, J. (2023). B2B influencer marketing: Conceptualization and four managerial strategies. Industrial Marketing Management, 108.

Miller, C. B., & West, R. (2020). Integrity, honesty, and truth seeking. Oxford University Press, USA.

Pick, M. (2021). Psychological ownership in social media influencer marketing. European Business Review, 33(1).

Powell, J., & Pring, T. (2024). The impact of social media influencers on health outcomes: Systematic review. Social Science & Medicine, 340.

Samarenna, D., & Siahaan, H. E. R. (2019). Memahami dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4 : 12 bagi Mahasiswa Teologi. 2(1).

Satı, A., & Kazancıoğlu, İ. (2020). The Effect Of Food Influencers On Consumers’intention To Purchase Food Products/Services. Journal of Gastronomy Hospitality and Travel, 3(2).

Shadrina, R. N., & Yoestini, Y. (2022). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(2).

Siswantara, Y. (2023). Keluarga Nazaret: Teladan Karakter Dan Iman Dalam Keluarga Modern. PT Kanisius.

Smith, C., & Adamczyk, A. (2020). Handing down the faith: How parents pass their religion on to the next generation. Oxford University Press.

Soesatyo, B. (2024). Strategi Empat Pilar Kebangsaan Bagi Pembangunan Generasi Muda Dalam Menyongsong Bonus Demografi dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Kepulauan Riau. Jurnal Ketahanan Nasional, 30(1), 43–66.

Sudchar, R. (2020). A study of the difference between the effect of micro-influencer and macro-influencer on cosmetic product in Bangkok.

Supriyadi, D., & Mardiharto, M. (2022). Peran Guru dalam Kepemimpinan berdasarkan perspektif 1 Timotius 4: 12 sebagai upaya meningkatkan Spiritualitas Nara Didik. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2).

Tetelepta, H. B., & Gultom, J. M. P. (2022). Kontekstual Sinergisitas Gereja Dan Influencer Rohani Dalam Pembangunan Spiritual Generasi “Z.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(2).

Umrati, U., & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Teologi Jaffray.

Vrontis, D., Makrides, A., Christofi, M., & Thrassou, A. (2021). Social media influencer marketing: A systematic review, integrative framework and future research agenda. International Journal of Consumer Studies, 45(4).

Wu, Y., Nambisan, S., Xiao, J., & Xie, K. (2022). Consumer resource integration and service innovation in social commerce: the role of social media influencers. Journal of the Academy of Marketing Science, 50(3).

Yudhanto, Y. (2024). Information Technology Business Startup 2.0: Ilmu Dasar Merintis Startup Berbasis Teknologi Informasi untuk Pemula. Elex Media komputindo.

Zaharani, G. F. R., Kusumawati, N., & Aprilianty, F. (2021). The Impact of Micro-Influencer on Brand Image and Purchase Intention in Local Culinary Products on Instagram. Proceeding B. 6th ICNEM, No, 11–13.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Febri, H. (2024). Menjadi Influencer Positif: Teladan Bagi Kaum Muda Kristen Berdasarkan 1 Timotius 4:12. Vox Veritatis : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 95–105. https://doi.org/10.69865/voxver.v3i2.74

Issue

Section

Articles