Efektivitas Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Pertumbuhan Iman Siswa

Authors

  • Kristina May Nggiri Sekolah Tinggi Agama Kristen Anak Bangsa Surabaya
  • Andriana Samol Sekolah Tinggi Agama Kristen Anak Bangsa Surabaya
  • Melani Krisna Nosi Bune Sekolah Tinggi Agama Kristen Anak Bangsa Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.69865/voxver.v3i2.80

Keywords:

efektivitas, Pendidikan Agama Kristen, pertumbuhan iman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk iman siswa secara intelektual, spiritual, dan moral. Mengingat Pendidikan Agama Kristen memainkan peran penting dalam membentuk pertumbuhan iman siswa, namun tantangan di saat ini semisal media sosial hingga relativisme moral seringkali mengurangi keefektivitasnnya. Atas dasar ini, penulis menggunakan studi kepustakaan guna mendeskripsikan efektivitas Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk pertumbuhan iman siswa. Data diperoleh dari pelbagai sumber literatur, seperti buku, artikel jurnal, dan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian menemukan bahwa efektivitas Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk iman siswa secara intelektual, spiritual, dan moral dapat ditingkatkan melalui kurikulum kontekstual, metode pengajaran interaktif, dan kolaborasi tripartit. Temuan ini memberikan dasar untuk strategi yang lebih relevan dalam mendukung transformasi iman siswa dalam menghadapi kompleksitas sosial dan moral dunia modern. Jadi, rekomendasi dari penelitian ini adalah dalam membentuk pertumbuhan iman siswa dapat dilakukan melalui perbaikan kurikulum, pelatihan guru, serta penggunaan teknologi dalam proses Pendidikan Agama Kristen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilyna, S. N., & Hutabarat, C. (2023). Implikasi Kebebasan Beragama di Indonesia Melalui Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Jurnal Teologi Gracia Deo, 5(2).

Andrian, T. (2024). Peran pendidikan agama Kristen dalam pembentukan nilai moral remaja masa kini. Inculco Journal of Christian Education, 4(1).

Anting, Y. (2021). Tantangan Pendidikan Agama Kristen dan Pembentukan Kerohanian Anak Usia Dini pada Era Abad Ke-21. Inculco Journal of Christian Education, 1(1).

Arios, S., & Tambunan, S. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Anak Peserta Didik Berdasarkan 2 Timotius 3 : 16. AP-Kain Jurna, 2(2).

Boiliu, F. M., Tefbana, A., Maharani, A., Pisdon, I., Purba, S. Y., Laxwanda, M. T. B., Handayani, S., Harefa, D. S., Henukh, T. M., Siahaan, V. O., & Kurniawan, Y. P. (2024). Edukasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kristen bagi Siswa dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama di SMP Negeri 20 Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 3(1).

Darmadi, D. (2022). Penerapan Misi Holistik dalam Pelayanan Gereja Masa Kini. Kaluteros Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(1).

Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1).

Doni, A. (2023). Multikultural Umat Beragama di Indonesia Berdasarkan 1 Korintus 9: 19-23 dan Implikasinya bagi Pendidikan Agama Kristen. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1).

Eunike Anggraeni Susilo, & Yonatan Alex Arifianto. (2023). Membingkai Bela Negara dan Sikap Patriot Bangsa Melalui Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. Metanoia, 5(1).

Farida, M. C., Laia, U., & Sanja, P. R. (2024). Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Pertumbuhan Iman Siswa. Inculco Journal of Christian Education, 4(1).

Gabe Paruntungan Pasaribu, A. (2022). Tantangan serta Hambatan yang dihadapi Dunia Pendidikan Kristen di Masa Lalu, Sekarang dan pada Perspektif Masa Depan; Baik di Keluarga, Gereja, serta Sekolah. FOCUS: Journal of Social Studies, 3(2).

Habeahan, S., & Ndona, Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Simbolik Pada Perkuliahan Agama Kristen dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Iman dan Moral. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2).

Haelitik, A., & Dendo, A. M. T. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Aktif dalam Konteks Pendidikan Agama Kristen: Suatu Kajian Terhadap Efektivitasnya dalam Meningkatkan Pemahaman dan Spiritualitas Siswa. THEOLOGIA INSANI (Jurnal Theologia, Pendidikan, Dan Misiologia Integratif), 3(2).

Hendra Agung Saputra Samaloisa. (2023). Signifikansi Etika Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2).

Karo Karo, D., Waruwu, C. S. M., & Jarang, A. K. M. (2023). Desain Materi Pembelajaran Berbasis Proyek: Memotivasi Siswa Melalui Pembelajaran Aktif dalam Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Inculco Journal of Christian Education, 3(3).

Kiswanto, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembinaan Rohani Siswa. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 4(1).

Laen, S. (2021). Peran Keluarga Kristen bagi Pertumbuhan Iman Anak pada Masa Kini, 1–6.

Larosa, S. (2022). Implementasi Misi Multikultural Yesus Kristus dalam Yohanes 4:7-39 pada Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Jurnal Apokalupsis, 13(2).

Lase, D. A., & Bega, S. (2023). Evaluasi Kinerja Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Kristen Alumni Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Metanoia, 5(2).

Lasut, S., Hardori, J., Sugiono, S., Gratia, Y. P., & Eldad, C. (2021). Membingkai Kemajemukan Melalui Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2).

Legi, H., & Sibarani, H. (2023). Problematika Pendidikan Kristen di Indonesia di Tengah Kemerosotan Moral. TEVUNAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2).

Loes, J. (2022). Peran Guru pendidikan Agama Kristen dalam Mengantisipasi Generasi Strawberry. Vox Veritatis, 1(2).

Makamban, N. R., Lama, P., & Bedyona, I. P. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Dewasa dalam Mencegah Terjadinya Bunuh Diri di Kalangan Orang Dewasa Kristen. Jurnal Inovasi Global, 2(5).

Manalu, I. L., Sutrisno, S., Valentina, L., Bintoro, W., & Pasaribu, D. (2023). Model Pendidikan Agama Kristen dalam Mengembangkan Masyarakat Majemuk di Indonesia. Indonesia Journal of Religious, 6(1).

Manutilaa, D. (2024). Studi Kepustakaan Peran Orangtua dalam Melaksanakan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Keluarga terhadap Perkembangan Kepribadian Anak Generasi Z. Indonesian Research Journal on Education, 4(3).

Maria, R., & Laia, E. P. (2022). Tinjauan Proporsional Konsep Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Agama Kristen. DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(2).

Marsaulina, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen Bagi Keluarga Dalam Masa Covid 19. Jurnal Teologi Injili, 2(1).

Mayhew, M. J., & Rockenbach, A. N. (2021). Interfaith learning and development. Journal of College and Character, 22(1).

Nababan, S., Sianturi, E., Rantung, D. A., Naibaho, L., & Boiliu, E. R. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Teknologi bagi Remaja di era Digital. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2).

Naupal, N. (2014). Klaim Kebenaran Teologi dan Tuntutan Zaman: Refleksi Kritis atas Etika Beragama. KALAM, 8(2).

Pusung, D. M. (2022). Materi Pendidikan Agama Kristen Transformasi. EUANGGELION: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2).

Putrawan, B. K., & Eunike, P. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen dan Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Perilaku Sosial Remaja: Studi Kasus Keluarga Kristen di Tanah Merah, Jakarta Utara. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(2).

Ritonga, N. (2023). Peran Orangtua Sebagai Pendidik Spiritual Anak Berdasarkan Ulangan 6:4-9 Di Era Revolusi Industri 4.0: Tinjauan Teologis Dan Pedagogis Dalam Pendidikan Agama Kristen. MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, 6(2).

Samaloisa, H. A. S., & Hutahaean, H. (2023). Pentingnya guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan karakter, spritual, moralitas dan rohani peserta didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2).

Seran, E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran PAK Terhadap Peningkatan Minat Belajar Anak / Siswa. Inculco Journal of Christian Education, 2(3).

Sianipar, D. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga. Jurnal Shanan, 4(1).

Sianipar, R., Hendrik Bernadus Tetelepta, Talizaro Tafonao, Otieli Harefa, & Jan Lukas Lombok. (2024). Problematika Pengajaran Pendidikan Agama Kristen di Indonesia: Perspektif Regulasi, Kurikulum, dan Sarana Prasarana. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan, 1(2).

Simanjuntak, H., Nainggolan, I., Siregar, V. D., Jelita, E. P., Asmanto, Zega, M. M., Waruwu, J. H., Simatupang, F., Siregar, R. I., Panggabean, R. W., Silaban, W., Sianipar, D. B., & Sijabat, I. M. (2023). Literasi Pergaulan Remaja dalam Membina Kerohanian Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Teologi Kristen Yobel Batam. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(4).

Simatupang, E. N. (2020). Pengaruh Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Siswa. Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 18(2).

Sinambela, J. L., & Sinaga, J. (2023). Genealogi Pendidikan Kristen: Jejak Asal, Makna, dan Tujuannya. JIMAD : Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 1(1).

Subay, M. (2024). Penggunaan Media Digital bagi Kegiatan Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Kristen. EUANGGELION: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(2).

Sukri, U., & Waruwu, Y. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Kurikulum Merdeka. Inculco Journal of Christian Education, 4(3).

Sunga, S. A. T. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Putus Sekolah. Vox Veritatis, 2(1).

Suryadi, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Isi Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Moralitas Siswa Kristen di SMAN 3 Palangka Raya. Jurnal Paris Langkis, 3(2).

Tafonao, T., Gulo, Y., Situmeang, T. M., & Ditakristi, A. H. V. (2022). Tantangan Pendidikan Agama Kristen dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen pada Anak Usia Dini di Era Teknologi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5).

Tafonao, T., Manurung, R. D. F. . B., Sibarani, J. P., Ditakristi, A. H. V., Simanjuntak, M. U., Bole, S. G., & Zalogo, W. (2022). Penerapan Metode Pengajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Literasi dan Spiritual Anak untuk Mendukung Keterbatasan Keluarga di Pulau Teluk Nipah. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1).

Taneo, I. S. (2023). Pengaruh Keteladanan Karakter Kristus Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Karakter Religius dan Disiplin Siswa Kelas IX di SMP Kristen Binaan Generasi Unggul Kupang. Vox Veritatis, 2(1).

Tarigan, M. S. (2021). Peran Pelayanan Penggembalaan untuk Menuntun Pertumbuhan Spiritual Siswa dalam Pendidikan Kristen [The Role of Shepherding Ministry in Directing the Spiritual Growth of Students in Christian Education]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(3).

Tatang, J., & Deak, V. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Memelihara Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multikultural di Indonesia. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(5).

Telaumbanua, A., & Butarbutar, R. D. (2022). Misi Pendidikan Agama Kristen Berbasis Digital di Tengah Masyarakat Plural. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1).

Tetelepta, H. B., & Gultom, J. M. P. (2022). Kontekstual Sinergisitas Gereja Dan Influencer Rohani Dalam Pembangunan Spiritual Generasi “Z.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(2).

Un Seran, S. D., Triposa, R., & Arifianto, Y. A. (2022). Identifikasi Kesulitan Belajar Dalam Jaringan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 4(1).

Valentino, Y., Jesika, N., Filistina, R., & Doo, A. (2023). Membaca Pandangan Filosof Gianni Vattimo dalam Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).

Walean, R. R., Messakh, J. J., Siagian, L. E., Harefa, F., & Harefa, K. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja dalam Menghadapi Tantangan Zaman di Era Digital. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9(1).

Wilson, M. R. (2021). Our father Abraham: Jewish roots of the Christian faith. Wm. B. Eerdmans Publishing.

Wiranto Wiranto, Lisa Sababalat, & Sandra R Tapilaha. (2024). Guru Pendidikan Agama Kristen Memiliki Peran Penting Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Spiritual Kepada Peserta Didik Di Sekolah. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik, 2(2).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nggiri, K. M., Samol, A., & Bune, M. K. N. (2024). Efektivitas Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Pertumbuhan Iman Siswa. Vox Veritatis : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 68–81. https://doi.org/10.69865/voxver.v3i2.80

Issue

Section

Articles