Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Yacob R. Pisdon Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Keywords:

model, pembelajaran, pendidikan agama kristen, problem solving

Abstract

Peserta didik merupakan aset yang paling penting didalam dunia Pendidikan yang terus menjadi sasaran utama dalam pembelajaran oleh para Guru. Guru sebagai tenaga pendidik perlu berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang membuat peserta didik dapat belajar dengan antusias, semangat serta memahami materi pembelajaran yang dijarkan. Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, melakukan transformasi Pendidikan melalui penerapan Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk Pembelajaran Lebih leluasa berfokus kepada peserta didik, dalam hal ini untuk peningkatan karakter, spiritual dan kecerdasan peserta didik. Masih terdapat peserta didik yang belum memahami materi-materi pembelajaran karena Model pembelajaran yang diterapkan guru belum tepat. Oleh karena itu digunakan Model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkan antusias dan berpikir kritis dari peserta didik. Adapun Metode Penelitian ini menggunakan studi Pustaka melalui olahan berbagai literatur. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Problem Solving dalam Kurikulum Merdeka di Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan kreatifitas, antusias dan berpikir kritis dari peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benyamin, Priskila Issak, Yogi Mahendra, and Donald Samuel Slamet Santosa. (n.d.). Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis. SOTIRIA (Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani) 3, no. 1 (2020): 25–35.

Creswell, John W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaya, Iman Dian, Johni Hardori, dan Josia Pantja Paruntung. (n.d.). Kontribusi Pembelajaran Pak Terhadap Kerohanian Siswa Di Smpn 122 Jakarta Utara. no. 1 (2020): 54–62.

Edison, Thomas. (2017). 52 Metode Mengajar. Kalam Hidup.

P., Harianto G. (2012). Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Ritonga, Nova, Juliandes Leonardo Trisno Mone, Mathan Yunip, and Yunardi Kristian Zega. (2021). Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. Jurnal Shanan 5, no. 1, 29–42.

Simanjuntak, Junihot. (2017). Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Kristen. ANDI.

Sinar Baru, Algensindo. (2009). Dasar—Dasar Proses Belajar Mengajar.

Sirait, Erita Dewi, and Sadrakh Sugiono. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Bethel Petamburan.

Zunidar. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Masalah. ITTIHAD 3, no. 1, 64–73.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Pisdon, Y. R. (2023). Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Vox Veritatis, 2(1), 59–65. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/31

Issue

Section

Articles