Implementasi Profil Pelajar Pancasila Terhadap Peningkatan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Yacob R. Pisdon Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Keywords:

karakter, peserta didik, profil pelajar pancasila

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan program Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan oleh pihak sekolah dan semua stakeholder satuan pendidikan terhadap peningkatan karakter peserta didik. Masalah yang mendasar dalam penulisan artikel ini adalah masih adanya pelanggaran moral, etika dan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari hari saat di sekolah, di rumah, di lingkungan masyarakat. Berdasarkan masalah ini, maka diperlukan suatu pendekatan untuk menyelesaikan persoalan karakter peserta didik yaitu melalui Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka. Profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional saja, akan tetapi diharapkan juga menjadi pegangan untuk para pendidik, dalam membangun karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan Hasil dari Penelitian ini menjelaskan bahwa Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Projek Pancasila dapat mengatasi persoalan karakter dan meningkatkan karakter peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danial, W. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Irawati, D. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.

Kahfi, A. (n.d.). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah.

Kesuma, D. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya.

Kurniastuti, R. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP.

Lubaba, M. (n.d.). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar.

Penguatan Karakter, P. (2020). Capaian Satu Tahun Kolaborasi dengan Tokoh Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Penguatan Karakter.

Rilla Dafitri. (n.d.). Implementasi Program Merdeka Belajar Melalui Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sijunjung.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenanda Media.

Slameto. (n.d.). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Pisdon, Y. R. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Terhadap Peningkatan Karakter Peserta Didik. Vox Veritatis, 2(2), 76–80. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/40

Issue

Section

Articles