Hasil Belajar Mata Kuliah Statistika Dasar

Authors

  • Johanis Risambessy Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Keywords:

hasil belajar, mahasiswa, penilaian, statistika dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika dasar, sehingga dosen pada mata kuliah lain yang bertaut dengan mata kuliah ini dapat mengambil tindakan sustainable guna menciptakan pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 yang mengambil mata kuliah statistika dasar di Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Akademik 2023-2024 yang berjumlah 45 orang mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes yang terdiri dari Tugas, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester. Adapun hasil belajar mahasiswa pada studi ini merupakan akumulasi dari empat indikator penilaian, yakni kehadiran, nilai formatif, nilai UTS, dan nilai UAS. Berdasarkan hasil analisis deskriptif selama satu semester menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memperoleh nilai dengan predikat B+ dan berada di rentang nilai 75 sampai 79. Oleh karena itu, guna meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dosen perlu menyesuaikan materi dengan karakteristik dan gaya belajar mahasiswa. Selain itu, dosen juga perlu membuat peta kebutuhan belajar mahasiswa, sehingga hasil belajar mahasiswa lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adedoyin, O. (2020). Quantitative Research Method. Near East University.

Adna, S. F. (2017). Analisis Diskriminan untuk Memprediksi Kelulusan Nilai Akhir Mahasiswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 17–24.

Ahmad, N., Supeno, & Utomo, A. P. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Calon Guru IPA pada Mata Kuliah Cahaya dan Penglihatan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(2), 174–180. https://doi.org/http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF.

Ani, Y. (2013). Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum. 742–749.

Astiti, D. K. S., & Widiana, W. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Burbules, N. C., Fan, G., & Repp, P. (2020). Five trends of education and technology in a sustainable future. Geography and Sustainability, 1(2), 93–97. doi.org/10.1016/j.geosus.2020.05.001

Cambridge Dictionary. (2023a). Assessment. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/assessment

Cambridge Dictionary. (2023b). Learning Outcomes. https://www.deepl.com/en/translator#en/id/the particular knowledge%2C skill%2C or behaviour%5C%2f Behavior which a student should have learnt after a period of study

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Hamdan, T. A., & Khader, F. (2014). Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses. Journal of Education and Practice, 5(29), 43–50.

Harefa, D. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Index Card Match Di SMP Negeri 3 Maniamolo. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 1–14.

Hermawati, I., & Risambessy, J. (2022). Asesmen Bantuan Sosial pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Keluarga Miskin dan Rentan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 20(293–308).

Hermawaty, H. (2019). Analisis Faktor Kehadiran Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Principal Component Analysis. CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal, 12(1), 73–86. https://doi.org/10.33050/ccit.v12i1.603

Junaidah. (2015). Kontribusi Pemimpin Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 75–99.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2020). asesmen. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Asesmen

Kusaeri. (2019). Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 261–270.

Lindqvist, M. H., Mozelius, P., Jaldemark, J., & Innes, C. M. (2023). Higher education transformation towards lifelong learning in a digital era–a scoping literature review. International Journal of Lifelong Education, 1–15. https://doi.org/10.1080/02601370.2023.2279047

Maysani, R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Statistika Deskriptif. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 32. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6949

Merrriam-Webster. (2023). Assessment. https://www.merriam-webster.com/dictionary/assessment

Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2018). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Struktur Aljabar di Universitas PGRI Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 53–63.

Nurdianto, W. B., Juwaedah, A., & Karpin, K. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Statistika Mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 9(1), 61–64. https://doi.org/10.17509/boga.v9i1.23867

Qurani, B. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Tata Media Grup. http://www.nber.org/papers/w16019

Sari, F. A. (2023). Deskripsi hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika terapan. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 51–65. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.425

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Setiawa, D. F. (2019). Motif eksternal kehadiran mahasiswa pada mata kuliah evaluasi pembelajaran. Jurusan Pendidikan Ekonomi UM Metro, 7(1), 13–22.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawi, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 551–556.

Sumarni. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Sd Negeri 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Tra Pendidikan, 3(2), 184–194.

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar. Pusat Penilaian Pendidikan.

Unesco. (2023). Learning Outcomes. http://Uis.Unesco.org/En/glossary-term/learning-outcomes.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Risambessy, J. (2023). Hasil Belajar Mata Kuliah Statistika Dasar. Vox Veritatis, 2(2), 66–75. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/38

Issue

Section

Articles