Pengamalan Sila Kelima Pancasila Oleh Gereja

Authors

  • Novi Kristiani Tahalele Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Keywords:

Sila Kelima, Pancasila, Gereja

Abstract

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia diharapkan dapat diimplementasi dalam iman Kristen secara nyata. Pencapaian ini harus didasarkan pada pemahaman yang paling dasaryaitu harkat dan martabat manusia, sehingga semua orang Kristen harus menjadi agen dalam pencapaian hal tersebut. Orang Kristen harus memahami harkat dan martabatnya di hadapan Allah dengan benar sehingga memiliki kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang benar. Maka dituntut peran yang aktif,bukan hanya pasif sebagai orang Kristen Indonesia. Orang Kristen tidak akan dan tidak boleh kurang dari pada orang-orang lain,bahkan ia harus menjadi teladan bagi orang lain sebagai pencinta tanah air, warga negara yang bertanggung jawab dan nasionalis yang sejati. Segala sesuatu ini adalah refleksi dari pada kecintaan, kesetiaan, dan ketaatan kepada Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Gereja tentang tanggung jawabnya dalam ikut berpartisipasi menjalankan sila kelima Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data berupa data sekunder yakni dokumentasi yang bersumber dari data lembaga survei, kasus khusus dari berita terkitni, dan kajian penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gereja – gereja di Indonesia sebagai komponen yang tak terpisahkan dari Negara harus menyadari bahwa kesejahteraan Indonesia juga adalah kesejahteraan gereja. Seperti ungkapanYeremia 29:7, ‘Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu’. Berdasarkanhal ini gereja seharusnya peduli dan ikut berpartisipasi mewujudkan cita–cita bangsa Indonesia. Cita–cita itu adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia seperti termaktub dalam Sila Kelima Pancasila dan UUD 1945.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barth, C., & Frommel, M. C. B. (2010). Teologi Perjanjian Lama 2. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Biblical Ethics And Social Change (S. C. Mott, Compiler). (1982). New York: Oxford University Press.

Bua, P. R., Samiyono, D., & Tampake, T. C. (2019). Misi Gereja Dalam Mewujudkan KeadilanSosial: Sebuah Perspektif Dari Sila Kelima Pancasila. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 5, no.2, 109-124. Retrieved September 23, 2022, from http://www.sttpb.ac.id/e- journal/index.php/kurios/article/view/97/71

Bua, P. R., Samiyono, D., & Tampake, T. C. (2019). Misi Gereja Dalam Mewujudkan KeadilanSosial: Sebuah Perspektif dari Sila Kelima Pancasila. Kurios, 5(2).

Darmodiharjo, D. (1978). Orientasi Singkat Pancasila. Malang: UNIBRAW. Hadiwardoyo, A. P. (2013, Mei). Pancasila Dan Gereja Katolik Indonesia.

Jurnal Teologi, 2. No.1, 22-23. https://doi.org/10.24071/jt.v2i1.

Hasel, G. F. (1999). Understanding the Book of Amos: Basic Issues in Current Interpretation. Grand Rapids: Baker Book House.

J., B. B. (1994). Tafsiran Kitab Amos. Jakarta: Gunung Mulia.

Keil, & Delitzsch. (1989). Commentary on the Old Testament: Minor Prophets. Peabody: Hendrickson Publisher.

Kitchen, K. A. (1994). "Bani Amon" dalam Ensiklopedi Alkitab Masa Kini. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Lestari, P., Sunarto, & Cahyono, H. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Sila Kelima Dalam Pembelajaran. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2).

Let Justice Roll Down: The Old Testament, Ethics, and Christian Life (B. C. Birch, Compiler). (1991). Louisville: John Knox.

McGee, J. V. (1982). Tru The Bible: Proverbs to Maleachi. Nashville: Thomas Nelson Publisher. Mendenhall, G. E. (1955). Law and Covenant in Israel and The Ancient Near East.

N. Hillyer. (1994). Ensiklopedi Alkitab Masa Kini. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/ OMF.

Pakpahan, G. K. R. (2012). Kristalisasi Keadilan Sosial Dalam Kitab Amos.

Rajawali ArtaMandiri: STT Bethel Indonesia.

Pardede, H. (2022, Januari 11). Analisis Peran Gereja Sebagai Penyelenggara Keadilan Sosial Dalam Konteks Bangsa Indonesia. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1. No. 2.

Prawoto, N. (2009). Memahami Kemiskinan dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 9(1).

Rope, T., Siahaan, R. J., & Koswanto, A. (2021, Desember). Tugas dan Peran Sosial Gerejasebagai Perwujudan Pengamalan Sila Kelima Pancasila. Prosiding Pelita Bangsa, 1, No.2.

Seda, F. S. (2013). Gereja dan Negara: Refleksi Atas Tantangan Masyarakat Indonesia dan Pancasila: Suatu Pendekatan Sosiologis. Orientasi Baru, 22(2).

Seda, F. S. (2013, Agustus 19). Suatu Pendekatan Sosiologis. Gereja dan Negara: Refleksiatas Tantangan Masyarakat Indonesia dan Pancasila.

Septian, D. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Memperkuat Kerukunan Umat.

TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1, no.2.

Singgih, E. G. (2009). Dua Konteks. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Stimson Hutagalung. (2021, Desember). Tugas dan Peran Sosial Gereja sebagai Perwujudan Pengamalan Sila Kelima Pancasila. Prosiding Pelita Bangsa, 1, No. 2, 181. Retrieved Oktober 05, 2022, from http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/prosiding

Sunukjian, D. R. (1998). Amos dalam The Bible Knowledge Commentary: The Old Testament.

Wheaton: Victor Books.

Susanto, H. (2020). “Panggilan Sosial Gereja Berdasarkan Pelayanan Yesus Dalam Lukas 4:18-19: Sebuah Upaya Merevitalisasi Pelayanan Gereja. Veritas: Jurnal Teologi danPelayanan, 19, no.1.

Suseno, F. M. (2020, Juni). Panggilan Kristiani, Gereja, Filsafat dan Pancasila. Logos, 17(2). Takaliuang, J. J. (2015, Oktober). PERAN ORANG PERCAYA DALAM MEWUJUDKAN

KEADILAN SOSIAL. Missio Ecclesiae, 4(2), 156-157.

Thompson, J. A., & Millard, A. R. (1996). Ensiklopedi Masa Kini. Jakarta: Yayasan KomunikasiBina Kasih.

Ujan, A. A. (2001). Keadilan dan Demokrasi: Telaah Filsafat Politik John Rawls. Yogyakarta: Kanisius.

V., S. G. (1985). Critical Note: Amos 5:13 The Deadly Silence of the Prosperous.

Journal ofBiblical Literature, 107/2, 82-83.

Wartoyo. (2020). Filsafat dan Ideologi Pancasila: Teori, Kajian dan Isu Kontemporer

(Sutoyo, Ed.; 1st ed.). Unisri Press.

Wijaya, A. I. K. D. (2019, September 14). Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Menggereja. STKIP Widya Yuwana, 6.

Wolff, H. W. (1977). Joel and Amos. Philadelphia: Westminster Press.

Wulandari, S., Dasopang, A. P., Rawani, G. A., Hasfizetty, I., Sofian, M. Y., Dwijaya, R., & Rachmalija, S. (2022). Kebijakan Anti Kemiskinan Program Pemerintah Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10).

Zimmerli, W. (1965). The Law and The Prophets. Oxford: Basil Blackwell.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Tahalele, N. K. (2022). Pengamalan Sila Kelima Pancasila Oleh Gereja. Vox Veritatis, 1(2), 64–81. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/11

Issue

Section

Articles