Desain Evaluasi Kirkpatrick Pada Program PPL Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswa/i

Authors

  • Herdi Nufeto Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Novi Kristiani Tahalele Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.69865/voxver.v3i1.47

Keywords:

evaluasi, model Kirkpatrick, perubahan perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program PPL yang terhadap perubahan perilaku mahasiswa/i di STAK Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Program Praktek Pengalaman Lapangan merupakan program mata kuliah wajib yang diikuti oleh mahasiswa/i calon guru. Penelitian termasuk penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i STAK Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengikuti program PPL. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara (interview) dan pengamatan (observation). Analisis data disesuaikan dengan model evaluasi yang digunakan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepada mahasiswa/i STAK Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur yang telah mengikuti PPL, ditemukan bahwa terdapat perubahan perilaku mahasiswa/i setelah mengikuti program PPL selama kurang lebih 6 bulan. Hal ini berdasarkan pada tingkatan level evaluasi dari model evaluasi Kirkpatrick yang terdiri atas evaluating reaction, evaluating learning, evaluation behavior, dan tingkat tertinggi dari evaluasi program PPL ialah evaluating result. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mahasiswa/i STAK Kupang Provinsi NTT telah mencapai ke-empat level dalam model evaluasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nufeto, H., & Tahalele, N. K. (2024). Desain Evaluasi Kirkpatrick Pada Program PPL Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswa/i. Vox Veritatis, 3(1), 32–41. https://doi.org/10.69865/voxver.v3i1.47

Issue

Section

Articles