Desain Evaluasi Kirkpatrick Pada Program PPL Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswa/i
DOI:
https://doi.org/10.69865/voxver.v3i1.47Keywords:
evaluasi, model Kirkpatrick, perubahan perilakuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program PPL yang terhadap perubahan perilaku mahasiswa/i di STAK Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Program Praktek Pengalaman Lapangan merupakan program mata kuliah wajib yang diikuti oleh mahasiswa/i calon guru. Penelitian termasuk penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i STAK Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengikuti program PPL. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara (interview) dan pengamatan (observation). Analisis data disesuaikan dengan model evaluasi yang digunakan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepada mahasiswa/i STAK Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur yang telah mengikuti PPL, ditemukan bahwa terdapat perubahan perilaku mahasiswa/i setelah mengikuti program PPL selama kurang lebih 6 bulan. Hal ini berdasarkan pada tingkatan level evaluasi dari model evaluasi Kirkpatrick yang terdiri atas evaluating reaction, evaluating learning, evaluation behavior, dan tingkat tertinggi dari evaluasi program PPL ialah evaluating result. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mahasiswa/i STAK Kupang Provinsi NTT telah mencapai ke-empat level dalam model evaluasi ini.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vox Veritatis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Christian Education and Theology Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.