Peran Guru pendidikan Agama Kristen dalam Mengantisipasi Generasi Strawberry
Keywords:
Peran Guru PAK, Generasi StrawberryAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penting yang dimainkan oleh guru pendidikan agama Kristen dalam mempersiapkan dan berhubungan dengan Generasi Strawberry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi Pustaka. Dalam pendidikan agama Kristen, memanfaatkan teknologi juga penting. Untuk mendekati dan melibatkan generasi muda, guru dapat menggunakan alat digital dan platform pembelajaran online. Namun, penggunaan teknologi ini harus disesuaikan dengan nilai-nilai agama Kristen yang diajarkan. Selain itu, fleksibilitas dalam pengajaran dan metode manajemen kelas sangat penting. Generasi Strawberry cenderung lebih responsif terhadap strategi yang memberikan mereka kebebasan dan otonomi untuk berkontribusi. Dalam ruang kelas, guru pendidikan agama Kristen harus memungkinkan pertanyaan, pemikiran kritis, dan ekspresi diri. Selain itu, generasi ini harus diberi kesempatan untuk mengembangkan diri dalam konteks iman Kristen. Guru harus membantu generasi ini memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Kristen, serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk meneliti dan mengembangkan iman mereka sendiri. Dengan peran yang bijak dan penuh perhatian dari guru pendidikan agama Kristen, Generasi Strawberry dapat dipandu untuk memahami, menghargai, dan menerapkan nilai-nilai Kristen dalam dunia yang terus berubah. Artikel ini memberikan perspektif tentang bagaimana guru dapat mengantisipasi dan membantu generasi muda ini tumbuh dalam iman Kristen dengan pemahaman yang mendalam dan keterlibatan yang positif.
Downloads
References
Agus Kala’ Padang and Ivan Thorstein Weismann. (2019). Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP PGRI Marinding Kelas II. 143–149.
Kasali, Rhenald. (2017). Strawberry Generation, Anak-Anak Kita Berhak Keluar Dari Perangkap Yang Bisa Membuat Mereka Rapuh. Bandung: Mizan, 2017.
Linda Dewi Terserani Lase Desetina Harefa, Otieli Harefa. (2019). Bagi Pembentukan Rohani Dan Perilaku Anak Usia Dini Kontribusi Pendidikan Kristen. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen. 4, no. 2 (2019): 113–120.
Kosasih, Desy Natalia, Dan Taufik Akbar Rizqi Yunanto. (2022). “Kajian Psychological Capital Pada Filosofi Hidup Suku Banjar ‘Waja Sampai Kaputing’ Pada Strawberry Generation.” Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial 6, No. 2 (2022): 403–14.
Nurdin, A. (2016). Integrasi agama dan budaya: kajian tentang tradisi maulod dalam masyarakat Aceh. El-Harakah (Terakreditasi), 18(1), 45-62.https://doi.org/10.18860/el.v18i1.3415
Febrianti, Erlina. (2020). Pemuda Generasi Penerus, Garda Depan Perubahan Indonesia. Retrieved April 10, 2022 (http://formadiksi.um.ac.id/pemuda-generasi-penerus-garda
Susanti, Afriani. (2015). Masalah Terbesar Pemuda Saat Ini : Okezone Edukasi.” Retrieved April 10, 2022 (https://edukasi.okezone.com/read/2015/10/27/65/1238809/masalahterbesar-pemuda-saat-ini).
Winahyu, Ishmah, Atikah. (2020). “Kepala Perpusnas: Pemuda Harus Siap Hadapi Persaingan Global.” Retrieved April 10, 2022 (https://mediaindonesia.com/humaniora/359800/kepala-perpusnas-pemuda-harus-siap- hadapi-persaingan-global)
BPS. (2023). Hasil Sensus Penduduk 2020,” https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk-2020.html. Diakses Tanggal 23 September 2023
Winahyu, Ishmah, Atikah. (2020). Kepala Perpusnas: Pemuda Harus Siap Hadapi Persaingan Global. Retrieved April 10, 2022 (https://mediaindonesia.com/humaniora/359800/kepala-perpusnas-pemuda-harus-siap- hadapi-persaingan-global)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vox Veritatis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Christian Education and Theology Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.