Strategi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah

Authors

  • Soni Laiju Malana Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Juliana Loes Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Yosinta Lande Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Keywords:

Berdiferensiasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu usaha atau proses untuk menyesuaikan sistem pembelajaran di kelas dengan kebutuhan belajar dan kemampuan setiap murid yang berbeda-beda. Dalam prinsip pembelajaran diferensiasi setiap murid memiliki keunikan dan kemampuannya, serta cara yang berbeda-berbeda dalam memahami suatu ilmu atau materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yaitu kegiatan untuk mengumpulkan data-data berupa informasi dari buku-buku, jurnal, majalah, dokumen dan literatur lainnya yang bermanfaat untuk menyusun landasan teoritis sebagai tolak ukur dalam menganalisis penelitian lapangan. Model pembelajaran diferensiasi ini bukan suatu model pembelajaran yang baru. Model pembelajaran ini diperlukan suatu kesadaran dan juga kerja keras yang sungguh-sungguh dalam menganalisa data informasi yang didapat dari peserta didik di kelas, kemudian data tersebut digunakan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang akan disesuaikan dengan kemampuan serta digunakan dalam mengubah sesuatu yang perlu diubah juga memberikan hal-hal yang lebih diperlukan bagi peserta didik masing- masing. Dalam proses pelaksanaan DI (Differentiated Instruction), guru terlebih dahulu melakukan (assessment) awal atau mengadakan (pre-test) dengan tujuan mengetahui sejauh mana kemampuan dari masing-masing masing-masing anak, sehingga guru bisa merencanakan untuk mendesain dan memodifikasi kurikulum berdasarkan tingkat kesiapan anak, interest atau ketertarikan anak, gaya belajar serta pengetahuan yang sudah didapat anak sebelumnya (Prior Knowledge).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, D. W. (2000). “ Differentiated Instruction ”: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340–349.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.

Irdhina, D., Suwarma, I. R., Anggraeni, Purba, M., Purnamasari, N., & Saad, Y. M. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak.

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., & M. Yusri Saad, A. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi SMP. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemdikbudristek.

Mariati, P., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemdikbudristek.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tamal, A., Soetantyo, M. S., Saad, Y., Purba, M., Purnamasari, N., & Anggraeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instructions) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMA ATHALIA. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemdikbudristek.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Malana, S. L., Loes, J., & Lande, Y. (2022). Strategi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. Vox Veritatis, 1(2), 88–96. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/13

Issue

Section

Articles