Pendekatan Interdisiplin Dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
Keywords:
desain pembelajaran, interdisiplin, pendidikan agama kristenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gagasan inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang dapat mencakup berbagai aspek kehidupan manusia dengan menggunakan pendekatan interdisiplin. Metode dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan menganalisis artikel jurnal baik nasional maupun internasional dan buku untuk mendapatkan konsep yang holistik dan aplikatif. Pendekatan interdisiplin adalah pendekatan yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu atau bidang pengetahuan untuk memahami suatu masalah atau topik tertentu secara lebih komprehensif. Dalam pendekatan ini, informasi, konsep, dan metode dari berbagai disiplin ilmu digabungkan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan holistik tentang subjek yang sedang diteliti. Pendekatan interdisiplin dalam pendidikan agama Kristen dapat membuat pengalaman belajar lebih beragam, menarik, dan relevan bagi siswa, sambil membantu mereka memahami agama mereka dalam konteks yang lebih luas. Hal ini juga dapat memberikan dasar yang lebih kuat bagi pelayanan gereja dan komunitas Kristen dalam menghadapi masalah dan tantangan dunia modern.
Downloads
References
Anggrena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.
Iruddin, Sujarwo, Atmos Wardoyo, H., & Nurhikmah. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. In Penerbit Samudera Biru. Penerbit Samudera Biru.
Kemdikbud Ristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Fase A - Fase F. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbud Ristek RI.
Klaassen, R. G. (2018). Interdisciplinary education: a case study. European Journal of Engineering Education, 43(6), 842–859. https://doi.org/10.1080/03043797.2018.1442417
Klein, J. T., & Newell, W. H. (1997). Advancing Interdisciplinary Studies (pp. 45–67). https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1237447.pdf
Newell, W. H. (2001). A Theory of Interdisciplinary Studies. Issues in Integrative Studies, 25(19), 1–25.
Pura, J. D. L. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Teologi, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.56393/intheos.v1i1.171
Sinaga, S., & Jura, D. (2019). Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Untuk Ibadah Yang Berorientasi Pada Etos Kerja Kristen Bagi Pegawai Pemerintah Di Balai Kota Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Shanan, 3(2), 1–25. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1577
Zolfaghari, M., Hassanpour, M. M., & Shahin, M. (2020). A Comparative Study of Interdisciplinary Field of Culture and Communication in Canada and USA. 2(4), 481–495. https://doi.org/10.22034/IJCE.2020.105006
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vox Veritatis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Christian Education and Theology Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.