Pendekatan Interdisiplin Dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Soni Laiju Malana Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Wahyu A. Rini Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Juliana Loes Sekolah Tinggi Agama Kristen Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

Keywords:

desain pembelajaran, interdisiplin, pendidikan agama kristen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gagasan inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang dapat mencakup berbagai aspek kehidupan manusia dengan menggunakan pendekatan interdisiplin. Metode dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan menganalisis artikel jurnal baik nasional maupun internasional dan buku untuk mendapatkan konsep yang holistik dan aplikatif. Pendekatan interdisiplin adalah pendekatan yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu atau bidang pengetahuan untuk memahami suatu masalah atau topik tertentu secara lebih komprehensif. Dalam pendekatan ini, informasi, konsep, dan metode dari berbagai disiplin ilmu digabungkan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan holistik tentang subjek yang sedang diteliti. Pendekatan interdisiplin dalam pendidikan agama Kristen dapat membuat pengalaman belajar lebih beragam, menarik, dan relevan bagi siswa, sambil membantu mereka memahami agama mereka dalam konteks yang lebih luas. Hal ini juga dapat memberikan dasar yang lebih kuat bagi pelayanan gereja dan komunitas Kristen dalam menghadapi masalah dan tantangan dunia modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.

Iruddin, Sujarwo, Atmos Wardoyo, H., & Nurhikmah. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. In Penerbit Samudera Biru. Penerbit Samudera Biru.

Kemdikbud Ristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Fase A - Fase F. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbud Ristek RI.

Klaassen, R. G. (2018). Interdisciplinary education: a case study. European Journal of Engineering Education, 43(6), 842–859. https://doi.org/10.1080/03043797.2018.1442417

Klein, J. T., & Newell, W. H. (1997). Advancing Interdisciplinary Studies (pp. 45–67). https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1237447.pdf

Newell, W. H. (2001). A Theory of Interdisciplinary Studies. Issues in Integrative Studies, 25(19), 1–25.

Pura, J. D. L. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Teologi, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.56393/intheos.v1i1.171

Sinaga, S., & Jura, D. (2019). Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Untuk Ibadah Yang Berorientasi Pada Etos Kerja Kristen Bagi Pegawai Pemerintah Di Balai Kota Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Shanan, 3(2), 1–25. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1577

Zolfaghari, M., Hassanpour, M. M., & Shahin, M. (2020). A Comparative Study of Interdisciplinary Field of Culture and Communication in Canada and USA. 2(4), 481–495. https://doi.org/10.22034/IJCE.2020.105006

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Malana, S. L., Rini, W. A., & Loes, J. (2022). Pendekatan Interdisiplin Dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Vox Veritatis, 1(1), 42–48. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/34

Issue

Section

Articles